LK 2- Lembar Kerja Refleksi Modul Bidang StudiJurnal Harian

 LK 2- Lembar Kerja Refleksi Modul Bidang StudiJurnal Harian 

 

LK 2: Lembar Kerja Refleksi Modul Bidang Studi/Jurnal Harian

Judul Modul

Keanekaragaman Makhluk Hidup dan

Ekologi

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.      Klasifikasi             dan      Keanekaragaman Tumbuhan

2.      Klasifikasi dan Keanekaragaman Hewan

3.      Ekologi Biologi Populasi

4.      Ekologi Biologi Konservasi

No

Uraian

Respon/Jawaban

1

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai pemecahan masalah dalam memahami materi yang mengalami kesulitan

Dalam forum diskusi di LMS, kami melakukan tanya jawab mengenai materi yang mengalami kesulitan. Setiap peserta bisa menanggapi dan menyampaikan pendapatnya. Berikut hasil diskusi mengenai materi yang mengalami kesulitan, di antaranya:

Cara melaksanakan pembelajaran HOTs di tengah keterbatasan fasilitas antara lain: 

menggunakan metode ceramah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik yang membutuhkan analisa dan dapat juga diberi waktu tunggu agar siswa dapat memikirkannya sebentar sebelum mengutarakan jawaban.

Mengeksplor alam sekitar atau lingkungan, tidak harus berada di dalam kelas

Menggunakan peralatan yang sederhana untuk menyajikan pembelajaran HOTs

Membuat LK dengan menerapkan pembelajaran kontekstual yang dituangkan dalam bentuk analisis atau perintah untuk mencipta.

Memberikan contoh-contoh kasus yang kontekstual untuk memberikan stimulus kepada peserta didik.

Cara menyampaikan materi tentang pengklasifikasian makhluk hidup, siklus nitrogen dan siklus fosfor agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik, antara lain:

Melalui media visual, seperti video dan gambar

Dilaksanakan dalam belajar berkelompok dengan topik yang berbeda antar kelompok dan      kemudian dipresentasikan.

Kemudian diskusi dilanjutkan bersama dosen dan teman satu kelas dalam forum google meeting. Pada forum tersebut, dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait materi modul 3 dan dijawab bersama untuk kemudian didiskusikan alasannya. Di dalam forum itu juga, kami melakukan diskusi dan tanya jawab untuk beberapa permasalahan ataupun materi yang dianggap sulit. Berikut hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai materi yang mengalami kesulitan, di antaranya:

Didapatkan informasi baru bahwa tumbuhan lumut disebut juga amfibi tumbuhan karena walaupun hidup di darat, namun dalam bereproduksi memerlukan air sebagai medianya.

Jika ada peserta didik yang menanyakan kenapa perlu mempelajari kunci determinasi maupun dikotom sedangkan sudah tersedia saat ini klasifikasi makhluk hidup yang lengkap, maka dapat dijawab bahwa hal tersebut merupakan salah satu bentuk keterampilan proses sains dimana siswa dapat mengulangi cara pengelompokan makhluk hidup seperti yang telah dilakukan oleh ilmuan sebelumnya.

2

Uraikan hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai miskonsepsi di modul ini

Dalam forum diskusi di LMS, kami juga melakukan tanya jawab mengenai materi yang mengalami miskonsepsi dan dilakukan secara unsyncronous. Setiap peserta bisa menanggapi dan menyampaikan pendapatnya. Berikut hasil diskusi mengenai materi yang mengalami miskonsepsi dan kemudian juga ditanggapi oleh dosen dalam forum google meeting, di antaranya mengenai konsep kunci dikotom dan kunci determinasi, dimana kedua hal tersebut dapat dikatakan sama namun juga dapat berbeda pada sisi lainnya. Sama jika kunci determinasi hanya terdiri dari 2 aspek seperti kunci dikotom. Namun berbeda jika kunci determinasi dapat lebih terdiri dari 2 aspek. Perbedaan lainnya, kunci dikotom merupakan pengelompokan makhluk hidup menjadi 2 aspek (bercabang), sedangkan kunci determinasi merupakan petunjuk untuk menemukan jenis makhluk hidup (berupa kode) yang dapat terdiri lebih dari 2 aspek.

 

Kemudian diskusi juga dilanjutkan bersama dosen dan teman satu kelas dalam forum google meeting secara syncronous. Pada forum tersebut, dosen memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait materi modul 3 dan dijawab bersama untuk kemudian didiskusikan alasannya. Di dalam forum itu juga, kami melakukan diskusi dan tanya jawab untuk beberapa permasalahan ataupun materi yang dianggap miskonsepsi. Berikut hasil diskusi bersama teman dan dosen mengenai materi yang mengalami miskonsepsi, di antaranya:

Perlu diluruskan bahwa alga tidak tergolong tumbuhan tapi masuk ke golongan protista mirip tumbuhan karena tidak bisa dibedakan akar, batang dan daunnya (thallophyta).

Penguatan materi klasifikasi dan

keanekaragaman          tumbuhan 

bahwa terdapat organisme lainnya yang dapat berfotosintesis selain tumbuhan, yaitu kelompok monera dan protista. Artinya, organisme yang dapat berfotosintesis adalah organisme yang memiliki klorofil dan bukan hanya kelompok tumbuhan saja.

Walaupun lumut juga merupakan thallophyta, namun tetap tergolong kelompok tumbuhan karena memiliki dinding sel yang sama seperti tumbuhan pada umumnya.

Literatur yang mengatakan virus termasuk salah satu kingdom makhluk hidup dapat dikatakan kurang tepat karena virus tidak memiliki ciri-ciri makhluk hidup pada dirinya, salah satunya virus perlu menempel pada inang (sel hidup) untuk dapat hidup atau disebut parasit obligan.

3

Hambatan yang dialami pada pembelajaran analisis materi pembelajaran berbasis masalah di modul ini

Untuk materi modul 3 mengenai lingkungan secara umum ini dapat dikategorikan materi yang tidak cukup sulit untuk dipahami dan diajarkan ke peserta didik, namun hambatannya adalah guru perlu memikirkan strategi sejitu mungkin agar peserta didik tidak hanya memahami secara konsep, namun juga dapat diamalkan dalam kehidupannya, sehingga isu-isu lingkungan hidup tidak menjadi hal yang perlu dikhawatirkan lagi.

Hambatan lainnya, saya masih memerlukan waktu menganalisa pertanyaan tipe HOTs untuk dapat dijawab ketika berdiskusi dengan dosen dan teman sekelas.

4

Hal yang akan dilakukan untuk sukses di pembelajaran modul berikutnya

Saya akan lebih melatih diri lagi untuk terbiasa dengan soal-soal tipe

HOTs dan menemukan tips menjawab soalnya dengan cepat agar hal ini juga dapat saya tularkan kepada peserta didik.

 


Comments